MAN 2 CIREBON

Jalan Merdeka No. 1 Desa Babakan Ciwaringin Cirebon

MANTAP KEREN UNGGUL (MANKU)

KIR MAN 2 Cirebon Ikut PIRN XVI di Aceh

Selasa, 12 September 2017 ~ Oleh humas9 ~ Dilihat 4160 Kali

Kelompok Ilmiah Remaja MAN Babakan Ciwaringin Maulana kelas XI IPA, Nishfa Azizah X IPA, Arrijal Wahid Arief kelas XI IPA, untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVI di Aceh, Hari Sabtu, 08 Juli 2017, jam 14. 30, berangkat dari Cirebon menuju Bandara  Halim Perdhana Kusuma, hari Ahad, 09 Juli 2017, jam 04.30 berangkat menuju Banda Aceh. Jam 12.00 sampai di SMAN Modal Bangsa, Banda Aceh. Seluruh Peserta PIRN XVI, melakukan registrasi di ruang aula sekolah tersebut. Setelah selesai melakukan registrasi, para peserta dihantarkan ke asrama masing-masing. Asrama peserta guru dan siswa berbeda, begitupun kelas siswa dan guru dibagi secara terpisah.

Hari kedua, 10 Juli 2017, acara pembukaan. Upacara penyambutan diawali dengan tari Ranup Lampuan. Tarian tradisional yang berasal dari Aceh. Ranup Lampuan berasal dari bahasa melayu yaitu dari kata Ranup dan Puan, Ranup artinya sirih sedangkan puan adalah tempat sirih. Di Aceh, Sirih adalah lambang penghormatan dan persaudaraan terhadap tamu.

Selanjutnya pembacaan al Quran, sholat Nabi dan menyanyikan lagu Indonesia Iaya. Sambutan disampaikan oleh pihak LIPI dan Pemprov Aceh. Kegiatan ini bertema dari Aceh untuk Indonesia, dengan lokasi di SMAN Modal Bangsa.

Tujuannya PIRN adalah melatih remaja dan guru untuk melaksanakan penelitian, menggali potensi daerah untuk daerah lainnya, pemanfaatan IPTEK demi mecahkan masalah, dan berjejaring, baik itu sebagai individu maupun lembaga. Peserta lebih kurang 600 orang, utusan dari berbagai daerah. Setelah sambutan selesai. Acara selanjutnya tarian saman, sama seperti tarian sebelumnya, tarian yang harus berjumlah ganjil ini, gerak dan tari penarinya ini begitu memukau dan menyedot seluruh peserta yang hadir. Kemudian ditutup dengan doa.

Setelah rangkaian acara selesai, dilanjutkan presentasi dari BPBA pemprov Aceh tentang program tanggap bencana dengan harapan membentuk masyarakat yg siap menghadapi bencana, karena bencana tidak bisa dihindari namun harus dihadapi.

Hari selanjutnya, 11-15 Juli 2017 diisi dengan materi, disampaikan oleh narasumber yang berbeda dan di kelas yang berbeda pula. Kelas dibagi berdasarkan jurusan IPA dan IPS. Tidak hanya siswa kelas tersebut juga berlaku untuk kelas guru.

Kelas Guru, IPS pematerinya adalah Dr. Maxensius Tri Sambodo, Peneliti Pusat penelitian ekonomi LIPI, bidang ilmu pengetahuan social dan Kemanusiaan (IPSK) dan Prof. Suharsono, Peneliti pusat penelitian oceanografi LIPI bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sedangkan Instruktur untuk kelas siswa  kelas IPA adalah M. Soekarni, SE, M.Si, Ali Yansayah Abdurrahim, S.P, M.Si, Dewi Harfina. S.Si, M.Si, Dr. Dede Heri Yuli Ynato, Dr. Anggoro Tri Mursito, Dr. Asep Nurhikmat, Dr. Nurul Dhewani Mirah Sjafrie M.Sc, dan Dr.Ir. Susilowati M.Si.

Materi yang dismpaikan adalah pengantar penelitian dan penulisan karya ilmiah, metodologi penelitian, penyusunan proposal penelitian, Teknik pengumpulan data, Teknik pengolahan data dan Teknik penulisan karya ilmiah.

Hari terakhir, 16 Juli 2017 Penutupan. Acara ditutup dengan menampilkan tarian tradisional aceh lainnya. Juga pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik di kelas siswa. Dan salah satu delegasi MAN Babakan Ciwaringin, kelompoknya menjadi yang terbaik di kelas IPA Tek-3. Setelah itu peserta kembali ke daerah masing-masing. Dan kita menginap di hotel untuk 2 malam berikutnya. Hari Senin, 17 Juli 2017, melakukan kunjungan ke tempat bersejarah di kota Banda Aceh. Hari Selasa, 18 Juli 2017, menuju Bandara dan pulang ke Cirebon.

Acara Nasional yang luar biasa, disana bertemu dengan peserta dari berbagai penjuru di Indonesia, berjejaring dan berbagi informasi penting. Terima kasih untuk civitas akademika yang mendukung dan mengawal siswa MAN, khusunya Kelompok Ilmiah remaja menjadi bagian dari Generasi Sains Indonesia.  (Hilyatul Auliya)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. H. MUHAEMIN, M.Ag

Assalamu'alaikum Wr.Wb Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya yang telah memberikan karunia dan…

Selengkapnya