MAN 2 CIREBON

Jalan Merdeka No. 1 Desa Babakan Ciwaringin Cirebon

MANTAP KEREN UNGGUL (MANKU)

SINGKAP (Sarana Informasi Pengungkap Kreativitas Aktivitas Pelajar)

Selasa, 12 September 2017 ~ Oleh Amrullah ~ Dilihat 5987 Kali

 

SINGKAP

(Sarana Informasi Pengungkap Kreativitas Aktivitas Pelajar)

 

Edisi ke-1. Rabu, 30 Agustus 2017 (08 Dzulhijjah 1438 H)

Sekapur Sirih

Oleh : Drs.H. Moh. Mansur

 Kemerdekaan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) berarti keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi). Dengan demikian, kemerdekan merupakan prasyarat mutlak bagi suatu negara untuk membangun bangsanya. Untuk itu, kita patut bersyukur kepada Allah SWT. yang telah menganugerahi kemerdekaan melalui pejuang-pejuang gigih yang telah mempertaruhkan jiwa raga sampai titik darah penghabisan.

Pelajar sebagai cikal bakal generasi penerus perjuangan bangsa sudah seharusnya turut ambil peranan dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan porsinya sebagai pelajar diantaranya semangat berkreasi, terus berpacu mengembangkan potensi hingga melahirkan karya-karya yang berarti sebagai kontribusi pada ibu pertiwi.

Semeriah Apa Sih Perayaan HUT RI di Sekolah Kita?

Terkait dengan semangat mengisi kemerdekaan, jajaran jurnalistik di MAN 2 Cirebon alhamdulillah telah menerbitkan media informasi baru dengan nama “SINGKAP (Sarana Informasi Pengungkap Kreativitas Aktivitas Pelajar)” yang pada edisi pertamanya akan terbit pada pekan terakhir bulan Agustus 2017 dengan tema “kemerdekaan”. Lahirnya Media  SINGKAP ini diharapkan dapat menjadi  wadah aspirasi, kreasi, tumbuhnya minat baca serta  terciptanya budaya tulis-menulis di kalangan siswa. Merdeka! Merdeka!

Oleh : Syamsul Arifin

 

Semangat fourty five juga diluapkan oleh kita semua siswa-siswi MAN 2 Cirebon yang pada tanggal 17 kemarin kita rayakan. Tidak ketinggalan juga dengan lomba-lomba untuk memeriahkan tanggal 17 Agustus tersebut. diantaranya ada lomba Futsal, Voli, Balap Karung reader and other that.

1945 adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia. Nggak nyangka ya? Negara yang kita cintai ini, Negara Indonesia sudah berumur  72 tahun. Semua bangsa Indonesia merayakan HUT RI yang ke-72 dengan semangat juangnya dalam mengenang jasa para pahlawan (iyalah, masa mengenang mantan? Pacar aja nggk punya, ehh.. :D ).

 Oh ya guys, kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan oleh Pak Muhaimin M.Ag selaku kepala madrasah di lapangan Basket, (Rabu, 16 Agustus 2017). Meskipun kegiatan tersebut tidak tepat pada tanggal 17 Agustus, karena tanggal 17-nya para guru kan ikut upacara bersama di Ciwaringin, tapi semangat juangnya tetap terjaga loh, buktinya bukan siswa dan siswi saja yang mengikuti perlombaan, para guru pun menunjukkan semangatnya untuk memeriahkan HUT RI.

So, intinya kegiatan untuk merayakan HUT Republik Indonesia ini tak lain untuk mengenang perjuangan yang amat sangat diperoleh dari butir-butir darah para pejuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari bangsa lain yang hanya memberikan janji manis (emang Le Mineral ya, ada manis-manisnya, :D :D).

LOMBA-LOMBA PITULAS AGUSTUSANE

Oleh : Moh.Iedudin

 

Ok guys, walaupun Indonesia sudah merdeka, kita juga harus memiliki jiwa semangat untuk mengenang jasa para pejuang kita dahulu, bukan mengenang moment waktu pacaran yaa! (pacaran aja belum, udah mau ngenang moment, eh,,).   :D :D :D

Guru kita juga pada ikut loh..!

Balap Karung (Putri)

1. XI MIPA 5

2. XI MIPA 6

3. XII MIPA 3

Balap Karung (Putra)

1. X MIPA 6

2. XII IPS 2

3. X MIPA 1

 

Makan Kerupuk (Putri)

1. X IBB 2

2. X MIPA 2

3. XII IBB 1

Makan Kerupuk (Putra)

1. XI MIPA 2

2. XI MIPA 5

3. X MIPA 3

 

Pindah Kelereng Putra

1. X IBB 2

2. XII IPS 2

3. X IIK 1

SUPORTER TERHEBOH !!!

 

 

 

Samsul Ma’arif (Panitia dari Osis)

Pesan : Semoga dalam merayakan HUT RI ini, untuk kedepannya bisa lebih bersemangat dan lebih meriah daripada tahun yang  sekarang.

Hilyatul Aulia, S. Th, I, M. Si (Panitia Perlombaan HUT RI)

Pesan : Kita sebagai pelajar Indonesia harus bersyukur. Karena, secara defacto dan secara dejure, banyak Negara yang menginginkan kemerdekaan tapi belum bisa mendapatkannya.

 

Habiburrohman Dimyati; XII IIB 2 (Ketua Jurusan Bahasa)

Kesan : “Menarik sekali, dari kegiatan ini kita sebagai penerus bangsa bisa  merasakan perjuangan para pendahulu kita, walaupun tidak seperti  yang mereka perjuangkan.              

 

Emil Ainun Najib; XII IIB 2 (Pimpinan Suporter Bahasa)

  Kesan : Saya mengikuti kegiatan Lomba perayaan HUT RI Ke-72 ini               

sangat menarik dan semangat sekali, seperti halnya kita meniru  semangat para pejuang kita yang telah merebut kemerdekaan.

 

 

 

Nina Fauziyah; XII MIPA 5 (Peserta Lomba)

Kesan : Saya sebagai Remaja Indonesia sangat bangga atas adanya perlombaan ini dan merupakan cara kita untuk merayakan HUT RI yang  ke-72. 

Gimana Sih  Pesan & Kesannya?

3

Oleh : Putri Yora

2

Congratulation!!!

Keep Spirit!!

JUARA-JUARA LOMBA AGUSTUSANE

Oleh : Azura Nayla Amali

 

 

JUARA-JUARA LOMBA AGUSTUSANE

Pecah Pendil Putra

1. X MIPA 1

2. X MIPA 5

3. XII IPS 2

Juara Futsal

1. Jurusan MIPA

2. Jurusan IIK

Juara Bola Voli

1.       1. Jurusan MIPA

2.       2. Jurusan IPS

Juara Salome Putra

5.       1. XII IIK 1

6.       2. XI MIPA 2

3. XI MIPA 1

Tarik Tambang

1.       Jurusan IPS (Putra)

1.       Jurusan IBB (Putri)

7.       2.

Juara Bakiak

3.       1. Jurusan IPS (Putra)

4.       1. Jurusan IBB (Putri)

 

1 

 

Buletin Jurnalistik insya Allah terbit setiap bulan. Edisi ke-1 Rabu, 30 Agustus 2017(08 Dzulhijjah 1438 H). Sebagai Media Informasi Para Siswa dan Siswi MAN 2 Cirebon. Pimpinan: Drs. H. Moh. Mansur; Ketua Redaksi : Moh. Iedudin; Redaktur Pelaksana : Syamsul Arifin; Tim Redaksi : Rifky Billion, Putri Yora, M. Zulfa A, Nurul Fatihah H, Aghitsma Hayati Syarif, Azura Nayla Amali, Nur Aliyah dan  anggota junior Jurnalistik.

Ok guys, bagi kalian yang mau bergabung di Ekstrakulikuler Jurnalistik, silahkan kalian datang ke sanggar Jurnalistik di gedung Abu Bakar atas, tepatnya di sebelah kelas XII MIPA 5 pada hari Jum'at atau ketika istirahat pada hari Sabtu & Minggu.

4

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. H. MUHAEMIN, M.Ag

Assalamu'alaikum Wr.Wb Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya yang telah memberikan karunia dan…

Selengkapnya